Wednesday, July 15, 2020

Aturan Angka Penting dalam Fisika


contoh ATURAN ANGKA PENTING penjumlahan pengurangan perkalian pembagian dalam fisika


ATURAN ANGKA PENTING


Angka penting adalah semua angka yang diperoleh dari hasil pengukuran. Angka penting terdiri atas angka pasti dan angka taksiran (angka yang diragukan) sesuai dengan alat ukur yang digunakan.

A.  Aturan angka penting

1.      Semua angka bukan nol adalah angka penting
Contoh : 27,452                 (5 angka penting)
               7242                   (4 angka penting)

2.      Angka nol diantara angka bukan nol termasuk angka penting
Contoh : 32001,23             (7 angka penting)
              1002                    (4 angka penting)

3.      Semua angka nol yang terletak dibelakang decimal termasuk angka penting
Contoh : 2,0000                 (5 angka penting)
              70,0200               (6 angka penting)

4.      Angka nol yang terletak didepan angka bukan nol, tidak termasuk angka penting
Contoh : 0,0012                 (2 angka penting)
               0,02010              (4 angka penting)

5.      Angka nol dibelakang angka bukan nol, tidak termasuk angka penting kecuali ada tanda khusus
Contoh : 52500                  (3 angka penting)
               72000                 (4 angka penting)

      B. Aturan pembulatan angka

Ketika angka-angka ditiadakan dari suatu bilangan, nilai dari angka terakhir yang dipertahankan ditentukn dengan suatu proses yang disebut pembulatan bilangan. Aturan pembulatan bilangan tersebut antara lain :

·        Angka yang lebih kecil daripada 5 dibulatkan ke bawah

·        Angka yang lebih besar daripada 5 dibulatkan ke atas

·        Angka 5 dibulatkan ke atas jika sebelum angka 5 adalah angka ganjil dan dibulatkan ke bawah jika angka sebelum angka 5 adalah angka genap.


       C. Operasi-operasi dalam angka penting

1.      Operasi penjumlahan dan pengurangan

Dalam melakukan operasi penjumlahan atau pengurangan, maka hasilnya hanya boleh mengandung satu angka taksiran (angka terakhir dari suatu bilangan penting).

Contoh 1 :
25,573                   3 angka taksiran
  4,2685 +              5 angka taksiran
29,8315

1 dan 5 merupakan angka taksiran, sehingga hasil penjumlahan ditulis 29,836 disesuaikan dengan aturan pembulatan.

Contoh 2
15,762                   2 angka taksiran
23,7       -               7 angka taksiran
39,462

4 dan 2 merupakan angka taksiran, sehingga hasil pengurangan ditulis 39,46 disesuaikan dengan aturan pembulatan.

2.      Operasi perkalian dan pembagian

Dalam operasi perkalian atau pembagian, maka hasilnya hanya boleh memiliki angka penting sebanyak bilangan yang jumlah angka pentingnya paling sedikit.

Contoh 1
12,345                   mengandung 5 angka penting
  3,178   x              mengandung 4 angka penting
39,23241

Penulisan hasil perkalian hanya boleh mengandung 4 angka penting, sehingga hasil perkalian 39,23241 ditulis 39,23 (4 angka penting).

Contoh 2
65,284                   mengandung 5 angka penting
500         :              mengandung 1 angka penting
0,130568

Penulisan hasil pembagian hanya boleh mengandung satu angka penting, sehingga hasil pembagian 0,130568 ditulis 0,1 (satu angka penting)

 Tonton juga : https://youtu.be/2wZirm8O1LI

Tuesday, July 14, 2020

Materi Besaran, Satuan, dan Dimensi dalam Fisika

contoh soal dan jawaban Materi Besaran, Satuan dalam SI dan Dimensi dalam Fisika kelas 10 materi lengkap



BESARAN DAN SATUAN


A. BESARAN

Besaran yaitu sesuatu yang dapat diukur, mempunyai nilai yang dapat dinyatakan dengan angka-angka dan memiliki satuan tertentu. Besaran ada dua macam, besaran pokok dan besara turunan.

Besaran pokok yaitu besaran yang satuannya telah didefinisikan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain.

Besaran Pokok
Besaran
Satuan
Simbol
Dimensi
Panjang
Meter
M
L
Massa
Kilogram
Kg
M
Waktu
Sekon
S
T
Kuat arus listrik
Ampere
A
I
Suhu
Kelvin
K
θ
Intensitas cahaya
Candela
Cd
J
Jumlah zat
mol
N
N

Besaran turunan yaitu besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok.

Besaran Turunan
Besaran
Persamaan
Satuan
Simbol
Luas
Panjang x lebar
Meter persegi
m2
Volume
Panjang x lebar x tinggi
Meter kubik
m3
Kecepatan
Perpindahan : waktu
Meter per sekon
m/s
Percepatan
Kecepatan : waktu
Meter per sekon kuadrat
m/s2
Usaha
Gaya x perpindahan
Joule
J
Gaya
Massa x percepatan
Newton
N




B. SATUAN


Satuan adalah pernyataan yang menjelaskan arti dari suatu besaran. Satuan terbagi menjadi dua yaitu satuan baku dan satuan tidak baku. 

Satuan baku yaitu satuan yang telah berlaku secara umum, sehingga apabila digunakan oleh siapapun akan menghasilkan hasil pengukuran yang sama. Contoh satuan baku antara lain : cm, m, kilogram, gram, dll.

Satuan tidak baku yaitu satuan yang tidak berlaku secara umum, sehingga apabila digunakan oleh orang yang berbeda dapat menghasilkan hasil pengukuran yang berbeda. Contoh satuan tidak baku antara lain : jengkal, hasta, gelas, kaleng, dll.


C. DIMENSI

Menggambarkan bagaimana suatu besaran tersusun dari besaran pokok. Salah satu manfaat dimensi adalah sebagai petunjuk awal untuk memeriksa benar tidaknya suatu persamaan fisika.


Besaran Pokok
Besaran
Satuan
Simbol
Dimensi
Panjang
Meter
M
L
Massa
Kilogram
Kg
M
Waktu
Sekon
S
T
Kuat arus listrik
Ampere
A
I
Suhu
Kelvin
K
θ
Intensitas cahaya
Candela
Cd
J
Jumlah zat
mol
N
N

D. ALAT UKUR


  1. Alat Ukur Panjang
a.       Mistar (penggaris)







b. Mikrometer Sekrup
   






        c. Jangka Sorong
 







2. Alat Ukur Massa

a. Neraca O'Hauss




b. Neraca Digital




c. Neraca Sama Lengan










3. Alat Ukur Waktu

a. Jam









b. Stopwatch










Tonton juga : https://youtu.be/al9XbaQP6vg


Monday, February 19, 2018

WISUDA S1 Pendidikan Fisika

Tidak kusangka waktu yang aku tunggu selama kurang lebih 4th ini tiba juga. WISUDA, iya itu kata yang amat aku inginkan selama menempuh pendidikan S1. Semua orang pasti ingin melihat orang tuanya senyum bahagia dengan melihat anak kesayangannya wisuda dan selesai dari sekolahnya. Bangga nya orang tua dapat mengantarkan anak kesayangannya sampai ke jenjang yang tinggi. Dengan susah payah mencari biaya untuk kuliah. Seorang anak harus berikan yang terbaik untuk mereka. Begitupun aku. Inginkan orang tuaku melihat ku meraih gelar sarjana. Walaupun belum dengan nilai cumlaude, tapi seenggaknya aku tepat waktu dalam kuliah dan tepat waktu juga dalam mendapatkan pekerjaan. Terimakasih bapak Supardi dan ibu Wiyanti atas doa selalu kalian untuk ku anak mu. Dan maafkan agita belum bisa membalas semuanya.
Teman-teman pasti merasakan kebahagiaan yang sama dengan ku. Mereka tersenyum bahagia dan semangat membara dalam menyambut wisuda. Tapi teman yang masih berjuang dalam sidang pun ikut merasakan bahagianya kita. Suka miris jika harus tinggalkan jogja yang sudah menjadi rumah selama 4th. Kangen suasananya yang begitu hangat. Semoga dapat mengunjunginya lagi.
Terimakasih kalian sahabat pendidikan fisika uin sunan kalijaga. Kalian memberiku kasih sayang, mengajariku hidup dan arti pertemanan. Dan maaf untuk kalian yang pernah aku sakiti. Aku hanya manusia biasa penuh dosa. Bahagianya aku semoga bisa aku tularkan kepada kalian.



Sunday, June 26, 2016

KKN UIN-SUKA Angkatan 89 kelompok 003

KKN atau kepanjangannya Kuliah Kerja Nyata, yang dari awal kuliah selalu menjadi penantian terakhir. dimana banyak berita saat KKN bakal menemukan jodoh. dalam benak ku, wahh... mau banget lah kalau begitu pingin cepet-cepet KKN gimana rasanya. ternyata KKN ya begini, kerja yang sesungguhnya di masyarakat. sepenuhnya mengabdi unruk masyarakat dan kehidupan yang memang harus sesuai masyarakat. mahasiswa yang berpendidikan tinggi tapi tdk diterima di masyarakat sama saja nol semua yang telah diraih selama ini. masyarakat tidak membutuhkan orang yang "sok" pinter, tetapi butuh orang yang bisa berbaur dengan mereka yang memiliki cita-cita sederhana namun cara merealisasikan dengan sepenuh hati.
KKN pasti bakal mendapat sahabat baru, keluarga baru, pengalaman baru, dan pastinya suasana baru juga. sebagai pengabdian di masyarakat ada yang suka dan ada yang tidak suka. terima dengan sepenuh hati. ikhlas, karena memang begini keadaan yang sesungguhnya.


Monday, May 16, 2016

kuliah umumpendidikan fisika uin suka

kuliah umum pendidikan fisika uin sunan kalijaga merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap satu semester sekali. pada kuliah umum kali ini dilaksanakan pada tanggal 16 mei 2016 dengan pembicara besar bapak Dr. Arief Hermanto selaku dosen fisika UGM. tema dari kuliah umum kali ini cukup menarik bagi mahasiswa semester 6 dan 8 yang sedang mengerjakan tugas akhir. topiknya yaitu "topik-topik penelitian pendidikan yang menarik dan menantang".

isi dari kuliah umum adalah bahwa pendidikan fisika merupakan ilmu antara (pendidikan,fisika). fisika merupakan matematika yang terselubung. beliau mengatakan bahwa mengajar itu harus yakin, optimis, semangat. belajar adalah menyenangkan. dan hal ini harus ditanamkan dalam diri peserta didik. fisika yang identik dengan rumus-rumus yang njlimet  bagaimana seorang guru dapat mengemas rumus-rumus tersebut menjadi cerita yang menarik bagi peserta didik. begitu menyenangkannya fisika apabila semua guru mampu seperti itu. oleh karena itu guru dituntut untuk profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik yang mampu mengubah tingkah laku. guru yang profesional pasti mampu membuat suasana belajar menjadi menyenangkan. kenyataannya hanya sebagian kecil guru di indonesia yang sudah benar-benar profesional. sungguh disayangkan hal ini.

untuk calon pendidik yang akan datang diharapkan untuk selalu bersungguh-sungguh dalam mengemban amanah. profesional dalam mengajar. siswa kita adalah anak kita. apabila kita tidak menginginkan anak kita diajar oleh orang yang tidak profesional, maka kita harus profesional agar anak kita juga nantinya diajar oleh orang yang profesional dan mampu mengemban amanah dengan baik.



Sunday, May 1, 2016

Pendidikan ku jauhkah dari pendidikan mu??


Berbicara mengenai pendidikan akan selalu menjadi bahasan yang sangat menarik. Bagaimana tidak, sejak dahulu pendidikan formal ditingkat Sekolah Dasar adalah salah satu permasalahan utama yang menjadi perhatian bagi bangsa kita. Ironisnya masalah pendidikan ini masih saja sama belum diatasi secara menyeluruh. Seperti soal ketidakmerataan pendidikan.
Kunjungan swara kampus Kedaulatan Rakyat, sabtu (30/04/2016) di salah satu Sekolah Dasar yang letaknya dilereng gunung merapi tepatnya di desa Tambakan Bimomartani, Sleman. SD Muhammadiyah Macanan namanya. Kecil, terpencil, dan sederhana.
Apa kabar pendidikan Indonesia didaerah yang sulit dijangkau, tertingal dan perbatasan? Pertanyaan seperti itulah yang sering muncul dibenak kita ketika membicarakan masalah pendidikan. Seperti halnya di Sekolah Dasar yang saya dan rekan-rekan kunjungi. Sekolah dengan fasilitas yang seadanya, bangunan yang dapat dibilang sudah cukup memadahi namun masih jauh apabila dibandingkan dengan sekolah yang letaknya dikota. Banyak masyarakat sekitar yang kurang peduli terhadap pendidikan. Latar belakang dari pendidikan masyarakat setempat yang hanya lulusan SMA/SMP yang menjadikan kurangnya rasa kepedulian terhadap pendidikan. Padahal pendidikan adalah pondasi suatu bangsa untuk mencapai keterdepanan. “sekolah dipinggiran yang jauh dari kota, tapi sekolah ini ada” ujar ibu Ailis safitri selaku kepala sekolah di SD Muhammadiyah Macanan tersebut. Berada di daerah pinggiran atau perbatasan dan sulit untuk dijangkau pastinya menjadi kendala bagi sekolah tersebut.
Walaupun berada didaerah pinggiran atau perbatasan, sekolah tersebut menawarkan program yang tidak kalah dengan sekolah di kota. Tapi tentunya, pelaksanaan program tidak semaksimal sekolah di kota yang mudah dalam bidang akses dibanding dengan sekolah tersebut. Proses pendidikan masih terbatas dalam bidang akses, sarana dan prasarana. Untungnya, kepala sekolah dengan sigap dan tekad yang kuat memberikan yang terbaik untuk sekolah tersebut.
Jika berbicara mengenai keterbatasan yang ada, yang perlu menjadi sorotan adalah kurangnya tenaga pendidik disekolah tersebut. Tidak relevan antara jumlah tenaga pendidik dengan peserta didik. Dimana jumlah tenaga pendidik hanya 14 orang sedangkan peserta didik dari kelas satu sampai kelas enam sekitar 180 peserta didik. Jumlah ini sangat jauh rentangnya. Sehingga pendidik pastinya sering kewalahan dalam mengatasi hal tersebut. Sedihnya lagi, tenaga pendidik disekolah tersebut belum ada yang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sedangkan pendidik yang sudah tersertifikasi baru empat orang pendidik. Ini patut menjadi sorotan bagi pemerintah. Dimana daerah terpencil juga membutuhkan tenaga pendidik dengan SDM yang bagus dan hidup yang terjamin.
Akan tetapi dengan berbagai keterbatasan yang ada disekolah tersebut, tidak menjadikan pendidik merasa terbelakang dan enggan untuk memajukan sekolah. Namun, dengan keterbatasan yang dialami saat ini, mereka (pendidik) jadikan sebagai pelajaran untuk tetap selalu melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sepenuh hati ikhlas dengan tujuan ingin mencerdaskan anak bangsa. Memposisikan diri sebagai wali murid di sekolah, menciptakan suasana senang bagi peserta didik. Dengan rasa senang, maka belajarpun menjadi menyenangkan.
Anak-anak di sekolah tersebut memiliki keinginan kuat untuk belajar. Apabila ditanya cita-cita, mereka menjawab ingin menjadi guru, dokter, polwan, polisi, dan cita-cita yang mulia lainnya. Mereka memiliki inpian yang tinggi dan semangat yang tak kunjung padam. Mereka akan terus berkembang dan maju lebih jauh lagi. Mereka adalah generasi emas yang akan membanggakan NKRI.  


Selamat hari pendidikan nasional. semoga pendidikan di Indonesia semakin merata, merakyat serta membaik.